07.23

Tingkatan Pandu & Seragamnya

Diposkan oleh GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN KOTA YOGYAKARTA

Tingkatan Pandu Dan Seragam Dalam Hizbul Wathan


1.Pandu Athfal

Tingkatan ini adalah tingkatan yang paling dasar dalam kepanduan Hizbul Wathan. Di dalam Pandu Athfal Terdapat 3 tingkatan yang harus di tempuh, yaitu athfal melati I, athfal melati II, dan athfal melati utama. Pandu Athfal berumur 6-10 tahun atau duduk di bangku Sekolah Dasar. Pandu Athfal mempunyai pelatih, bagi pelatih putra biasanya dipanggil dengan sebutan “Ayanda”, sedangkan untuk pelatih putri dipanggil dengan “Bunda”. Di athfal terdapat kelompok yang disebut rumpun athfal, rumpun ini terdiri dari 8-10 orang dan nama rumpun tersebut diambil dari warna-warna. Kumpulan rumpun dinamakan kuntum, di dalam 1 kuntum terdiri 3-4 rumpun dan namanya diambil dari nama-nama pahlawan islam.

Seragam yang dipakai oleh Pandu Athfal, mulai dari atas adalah topi pet berwarna hijau dengan garis-garis kuning, hasduk hijau dengan pita kuning, ring dan baju lengan panjang berwarna khaki tua serta celana panjang warna biru tua, krudung coklat bagi putri ( lengkap dengan atribut).

2.Pandu Pengenal

Pandu Pengenal adalah tingkatan kedua setelah tingkat Pandu Athfal. Di dalam Pandu pengenal terdapat tiga tingkatan yang harus ditempuh, yaitu pengenal purwa, pengenal madya, dan pengenal utama. Pandu Pengenal berumur 11-16 tahun atau duduk di bangku menengah pertama, Tetapi untuk masuk ke jenjang pengenal diharuskan mengikuti pendidikan dasar terlebih dahulu dan pada saat itu namanya adalah tamu pengenal. Setelah 2 bulan mengikuti pendidikan dasar dan menyelesaikan tugas SKT (syarat kenaikan tingkat) serta mengikuti pengembaraan, barulah pada saat itu di sematkan menjadi Pandu Pengenal.

Pandu Pengenal juga mempunyai pelatih, bagi pelatih putra dipanggil dengan sebutan “Rakanda”, dan bagi pelatih putri di panggil dengan sebutan “Ayunda”. Di dalam Pandu Pengenal terdapat kelompok yang disebut regu dan nama regu itu diambil dari nama hewan, satu regu berjumlah 8-10 orang. kumpulan tiap regu disebut pasukan, tiap pasukan terdiri dari 3-4 regu. Didalam jenjang Pandu Pengenal terdapat dewan pimpinan pengenal yang terdiri dari ketua, wakil ketua sekaligus pemangku adat, bendahara, sekertaris, dan divisi-divisi yang diperlukan.

Seragam yang dipakai oleh Pandu Pengenal, mulai dari atas adalah baret berwarna hijau dengan pin baret berwarna merah, hasduk hijau dengan pita merah, ring, dan baju lengan panjang berwarna khaki tua serta celana panjang warna biru tua, krudung bagi putri (lengkap dengan atribut)


3.Pandu Penghela
Pandu Penghela adalah tingkatan paling tinggi setelah tingkat Pandu Pengenal. Di dalam Pandu Penghela terdapat dua tingkatan yang harus ditempuh, yaitu taruna melati dan jaya melati. Pandu Penghela berumur 17-20 tahun atau duduk di bangku menengah atas- perguruan tinggi, Tetapi untuk masuk ke jenjang penghela diharuskan mengikuti pendidikan dasar (DIKSAR) terlebih dahulu dan pada saat itu namanya adalah tamu penghela. Setelah 2 bulan mengikuti pendidikan dasar secara aktif dan mengikuti pengembaraan, barulah pada saat itu di sematkan menjadi Pandu Penghela dan telah sah dipanggil Pandu Penghela.

Pandu Penghela juga mempunyai pelatih, pelatih putra dan putri dipanggil dengan sebutan “Rakanta”, Di dalam Pandu Penghela terdapat kelompok yang disebut ikhwan/akhwat dan nama ikhwan/akhwat itu diambil dari nama elektronik, satu ikhwan/akhwat berjumlah 4-6 orang. kumpulan tiap ikhwan/akhwat disebut kerabat, tiap kerabat terdiri dari 3-4 ikhwan/akhwat. Dalam jenjang Pandu Penghela terdapat suatu Dewan yang bertugas untuk mengurusi Pandu Athfal, Pandu Pengenal, dan Pandu Penghela. Dewan itu dinamakan Dewan Eksekutif Penghela (DEP) yang berada di setiap qobilah, Tapi jika di tingkat kwartir dinamakan Dewan Kerja. Setelah menyelesaikan tingkat penghela, kemudian seorang pandu akan melanjutkan ketingkat pandu penuntun atau calon pelatih.

Seragam yang dipakai oleh Pandu Penghela, mulai dari atas adalah baret berwarna hijau dengan pin baret berwarna hijau, hasduk hijau dengan pita putih, ring, dan baju lengan panjang berwarna khaki tua serta celana panjang warna biru tua, krudung bagi putrid (lengkap dengan atribut)

4.Pandu Penuntun

Pandu penuntun adalah tingkatan tertinggi dan paling akhir, pandu penuntun adalah pandu purna penghela yang sudah menyelesaikan pendidikan di tingkat penghela jaya melati, dimana seorang pandu dididik menjadi seorang pelatih. Pandu penuntun berumur 21-25 tahun. Seorang Pembina yang melatih pandu penuntun selanjutnya disebut sahabat.

Seragam yang dipakai oleh Pandu Penuntun, mulai dari atas adalah baret berwarna mereh dengan pin baret berwarna kuning emas, hasduk hijau dengan pita putih, ring, dan baju lengan panjang berwarna khaki tua serta celana panjang warna biru gelap, krudung bagi putri (lengkap dengan atribut)

1 komentar:

Syarifah Hajar mengatakan...

tolong kirimkan juga dong, SKT untuk Pandu Pengenal. untuj kemajuan Muhammadiyah.

dari Mts muhammadiyah sengkang sulawesi selatan.

Poskan Komentar